logologo
  • TeksTeks
  • RekomendasiRekomendasi
  • Kendaraan TerkaitKendaraan Terkait
  • KomentarKomentar
  • Hot ThreadsHot Threads
  • Berita TerbaruBerita Terbaru
  • Hot BrandHot Brand

Ikuti 7 Langkah Hindari Cedera Tubuh Saat Angkat Moge Jatuh

5537
Alun Segoro
3 Jan 2021, 23:00
  • 0
  • Share

Otoloka.id - Belakangan ini kian banyak pengguna motor gede (moge) berseliweran di jalanan. Dan sangat-sangat tak diharapkan, mungkin terjadi risiko rebahan, atau terjatuh di jalan akibat kecelakaan.

Karena itulah, pengguna moge wajib tahu, bagaimana mengantisipasi ketika motor mereka tergeletak di jalan raya. Seperti diketahui, rata-rata moge jauh lebih berbobot dibanding motor berkubikasi mesin kecil.

Jika pengguna moge atau motor besar berkapasitas mesin di atas 400cc tidak mengerti, bagaimana cara mendirikan kembali tunggangannya usai ia terjatuh. Maka hal itu tentu saja berdampak pada dirinya. Risiko bahaya paling berat adalah pengguna dapat mengalami cedera otot punggung.

Berarti perlu dipahami bagaimana harusnya posisi tubuh yang baik dan menghindari risiko cedera, ketika akan mengangkat motor besar yang terjatuh dan rebah di tanah atau permukaan aspal jalan. Sejumlah cara yang perlu diperhatikan antara lain;

1. Jangan Andalkan Otot Lengan

Umumnya, para pengguna motor besar ketika mendirikan kendaraan mereka yang dalam kondisi terjatuh, hanya mengandalkan kedua otot lengan. Atau yang kebanyakan juga bertumpu menggunakan otot punggung. 

Padahal sebenarnya, porsi otot pada anggota tubuh yang paling besar kerjanya ketika mendirikan motor besar rebah, adalah bertumpu pada kekuatan kedua otot paha. 

“Sangat berbahaya bila mengangkat andalkan otot punggung. Bisa sebabkan cedera punggung. Dalam hal ini, kedua otot tangan mestinya hanya sekadar membantu,” ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Dev. Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM).

2. Tetap Tenang dan Pastikan Kunci Kontak Off

Ketika motor besar yang sedang dikendarai terjatuh, maka menurut Ludhy, langkah pertama yang perlu dilakukan oleh pengendara tersebut adalah tetap tenang, dan tidak panik. Kemudian si pengendara haruslah memastikan, kunci kontak dari motor yang jatuh tersebut dalam keadaan off.

3. Kenali Situasi dan Kondisi 

Bila posisi motor jatuh tergeletak di tengah - tengah jalan, hendaknya si pengendara memastikan terlebih dahulu, kalau kendaraan roda duanya tersebut benar - benar aman, tidak terganggu dan mengganggu lalu lalang pengguna jalan lain di lokasi itu. 

4. Turunkan Standar Samping

Jika saja motor besar tersebut posisi jatuh atau rebahnya ke sebelah kanan pengendara, maka langkah selanjutnya turunkan standar samping yang berada di sebelah kiri, atau saat motor terjatuh posisi standar samping itu berada di bagian atas. Karena nantinya fungsi standar samping itu akan sebagai penopang saat moge diberdirikan.

Jika motor sudah dalam posisi 90 derajat, selanjutnya masukan gigi satu. Itu dilakukan demi mengantisipasi serta mencegah terjadinya gerakan liar pada motor, yang sontak bisa terjadi tanpa kita sadari. 

Seandainya motor tersebut merupakan tipe motor berfairing, hendaknya pengguna mengusahakan posisi setang motor di tekuk ke arah kanan. Ditekuk hingga handle bar atau throttle bar tampak melekat atau mendekati menempel ke tangki.

5. Posisi Tubuh Setengah Jongkok

Saat pengguna akan mulai mendirikan motor yang rebah tadi, bagian bawah punggung dari si pengguna yang ingin mengangkat, atau pengangkat motor haruslah menempel pada jok motor. Artinya si pengangkat tersebut harus berada dalam posisi setengah jongkok. 

Dikatakan Ludhy, punggung bagian bawah si pengendara atau pengangkat motor berfungsi hanya sebagai sandaran jok, bukan berfungsi untuk mendorong. Bila punggung bagian bawah si pengangkat sudah merapat ke jok motor yang terjatuh, lalu sudah memposisikan tubuh setengah jongkok. “Selanjutnya mata harus dikondisikan sejajar garis mata,” ucap Ludhy.

6. Tekuk Siku Hingga 160 derajat

Kemudian pastikan tangan kiri memegang setang atau handle bar, dan tangan kanan mencari sisi bagian jok belakang yang relatif dirasa kuat. Selain itu, pastikan kedua siku tangan dalam posisi ditekuk, dengan sudut tekuk kurang lebih 160 derajat. 

Setelah dirasa semua sudah tepat, lalu perlahan-lahan bangkitkan motor yang semula rebah itu. Pastikan kekuatan dalam mendirikannya harus dirasa dari kedua otot paha. Jelang posisi sudut 90 derajat motor berdiri, maka berikutnya titik 90 derajat motor rebahkan ke sisi kiri. 

Selanjutnya posisi tubuh pengangkat langsung berbalik dan segera memegang motor. Serta turunkan dan melepaskan motor secara bertahap, supaya motor yang sudah berdiri dapat bertumpu optimal kepada standar samping di bagian kiri bodi motor. Setang motor pun lalu dibuat menekuk ke kiri, searah gravitasi. 

7. Tahan Bobot Moge dengan Paha


“Begitupula bila motor besar tunggangan kita terjatuh ke bagian kiri. Dimana bagian sisi kiri body motor yang menempel di permukaan tanah atau aspal. Secara garis besar tahap untuk mengangkat dan memberdirikannya sama dengan ketika motor jatuh ke kanan seperti tadi,” katanya.

Hanya saja, lanjut Ludhy, jelang posisi sudut 90 derajat, tubuh si pengangkat motor perlahan memutar balik. Lalu bobot dari moge segera ditahan menggunakan paha kanan. 

Saat pengangkat menggerakan posisi memutar kaki kiri, gerakan tersebut harus dibarengi dengan melakukan tindakan mengungkit standar kiri secara berbarengan. Agar motor bisa kembali diturunkan miring ke kiri, namun sudah tertopang oleh standar samping yang umumnya berada di sebelah kiri.

Membuka
  • 0
  • Share
  • Laporkan
Alun Segoro
Alun Segoro
Tidak ada Biodata penulis
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
      Tulis Komentar
      Jadilah orang pertama yang berkomentar!
      • Amanda Rulistiani
        Modifikasi full sound system 🔊🎛 Wah kalah nih bass angkot, kalau ada orang di dalemnya pasti gendang telinganya pecah nih
        • 0
        • 0
        • 0
      • Azka
        Ini dia, Genesis Electrified G80, mobil yang resmi ditunjuk sebagai kendaraan di KTT G20 Bali pada tahun 2022. Nantinya mobil listrik tersebut akan menjadi kendaraan bagi setiap kepala negara yang menghadiri kegiatan di tahin 2022 mendatang. Genesis sendiri merupakan brand premium dari Hyundai. Genesis Electrified G80 sendiri merupakan mobil listrik murni yang memiliki tenaga 364 hp. Sekali cas, sedan ini bisa menempuh jarak 427 km dengan bantuan baterai 87.2 kWh. 0-100 km/jam dapat ditempuh dibawah 5 detik.
        • 0
        • 0
        • 1
      • Oscar May
        Bug fuel economy meter di 2020 Toyota Corolla Hybrid Sebenernya, Toyota Corolla Hybrid gak punya kerusakan yang signifikan. Soalnya yah kalo dipikir-pikir ini masih Toyota, dan bukan Toyota asli kalau nangisan dikit-dikit rusak. Tapi ada saja satu-dua masalah kecil yang gak signifikan, tapi lucu. Salah satunya adalah bug fuel economy meter. Fuel economy meter adalah menu di head unit dan speedometer Toyota Corolla Hybrid, yang sesuai namanya dia mengukur konsumsi bbm kamu dalam satuan km per liter. Tapi Corolla Hybrid kan punya motor listrik, yang membantu menjalankan mobil di kecepatan rendah, saat macet misalnya. Ketika mobil ini jalan pakai listrik, mobil ini tidak memakai bensin sedikitpun. Sepertinya mereka tidak mengantisipasi kemungkinan ini. Karena ketika kamu terlalu lama berada di kemacetan, 30 menit misalnya, maka semua angka konsumsi bbm kamu jadi 199.99km per liter di head unit, 99.99 km per liter di speedometer. Namun tidak hanya itu, kadang pas lagi dipanasin aja bisa error karena yah mobil ini gak terlalu butuh dipanasin. Ketika mesinnya sudah sampai di temperatur optimum untuk bekerja, mesinnya mati. Dan ketika kamu berjalan pelan seperti keluar garasi misal, mobilnya jalan pakai tenaga listrik. Jadi error lagi. Solusinya? Ada dua. Yang pertama yah, dibiarkan saja. Kalau kamu matikan mobilnya terus nyalakan lagi juga tidak berubah angkanya. Nanti juga kamu pasti jalan normal dan membuat mesin bensinnya bekerja. Baru nanti dia kembali normal. Setidaknya selama sedang error bisa kamu foto buat pamer di sosial media, terutama ketika sedang adu irit-iritan sama teman kamu. Yang kedua kamu bisa mereset meter ini via head unit maupun via speedometer. Tapi jujur saja, karena error ini sangat tidak signifikan saya tidak pernah mereset meternya. Dibiarkan saja kembali normal saat jalan. Keren juga menurut saya, membuat saya kesannya irit banget ketika bawa mobil. Padahal mah nggak.
        • 2
        • 0
        • 22
      Toyota
      Toyota
      Toyota
      Honda
      Honda
      Honda
      Daihatsu
      Daihatsu
      Daihatsu
      Mitsubishi
      Mitsubishi
      Mitsubishi
      Suzuki
      Suzuki
      Suzuki
      Honda
      Honda
      Honda
      Yamaha
      Yamaha
      Yamaha
      Suzuki
      Suzuki
      Suzuki
      Kawasaki
      Kawasaki
      Kawasaki
      Vespa
      Vespa
      Vespa
      HOME