logologo
  • TeksTeks
  • RekomendasiRekomendasi
  • Kendaraan TerkaitKendaraan Terkait
  • KomentarKomentar
  • Hot ThreadsHot Threads
  • Berita TerbaruBerita Terbaru
  • Hot BrandHot Brand

Yamaha Mio Z Spesifikasi 2020 Desain Lebih Menawan dengan Pilihan Warna Yang Elegan

432
Arief Yuno
30 Sep 2020, 16:38
  • 0
  • Share

Otoloka.id - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tidak hanya memperhatikan segmen penjualan kelas atas saja, itu terbukti dengan adanya peluncuran motor matic bermesin 125cc terbaru, yaitu Yamaha Mio Z. Motor ini memiliki performa mesin yang prima, yang irit dan ramah lingkungan. 

Motor ini sudah dilengkapi dengan teknologi blue core, dimana teknologi ini dikenal sebagai salah satu teknologi andalan kepunyaan Yamaha itu sendiri. Ternyata motor Mio Z ini mengadopsi teknologi yang ada pada Mio M3, jadi sekilas akan tampak sama spesifikasi mesin dan lainnya. 

Meskipun dibandrol dengan harga lebih tinggi daripada Mio M3, tapi pada kenyataannya Yamaha Mio Z masih mengantongi beberapa teknologi yang ada pada Mio M3. Seperti pada desain ban motor yang dibuat lebih besar, mungkin dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan motor saat berjalan di jalan raya. 

Selain itu motor yang besutan Yamaha yang satu ini dipercantik dengan adanya desain yang sporty dengan striping warna hitam dan putih dengan pelek balap berukuran besar. Dimana untuk pelek ban depan berukuran 1,60×14, sedangkan untuk pelek ban belakang berukuran 2,50×14.

Terdapat tiga pilihan warna yang bosque bisa pilih sesuai selera hati kalian masing-masing, yaitu warna special gold, merah zuper, dan hitam zagoan. Hampir setiap warna memiliki karakteristik sendiri sehingga penampilan setiap motor sangat khas dan elegan sebab telah dilapisi dengan warna doff dimana hal ini sedang booming pada saat ini. 

Namun disisi lain ada beberapa kekurangan dari Mio Z ini salah satunya adalah belum terpasang lampu LED dan tidak ada fitur answer back system, akan tetapi hal itu wajar karena harga yang ditawarkan relatif murah dan dapat dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah.

Desain & Dimensi Yamaha Mio Z

Dimensi 1870 x 685 x 1035 mm
Berat 94 kg
Kapasitas Tangki 4.2 L liter
Jarak Sumbu Roda 1260 mm
Tinggi Tempat Duduk 750 mm
Jarak Terendah ke Tanah 135 mm

Desain & Dimensi Yamaha Mio Z

Motor matic Yamaha Mio Z ini didesain dengan postur tubuh yang ramping dan ringan sehingga sangat lincah diajak jalan-jalan memecah keramaian kota. Adapun dimensi yang diusung oleh motor matic ini adalah sepanjang 1870 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1035 mm. Meskipun desain nya nyaris mirip dengan Yamaha Mio M3, namun motor ini hanya memiliki bobot seberat 94 kilogram. 

Fitur pengisian bahan bakarnya didesain sedemikian rupa dan mampu mengantongi bahan bakar sebesar 4.2 liter. Adapun untuk tinggi area tempat duduk berjarak 750 mm dengan jarak terendah ke tanah mencapai 135 mm.

Kemudian pada sektor depan, telah dilengkapi dengan lampu Headlamp berteknologi LED yang terkenal dengan julukan lampu paling joss yang digunakan motor-motor modern saat ini. Lampu ini akan memberikan penerangan yang maksimal daripada lampu biasa, sehingga perjalanan anda di malam hari pada lintasan gelap bakal terasa nyaman dan aman. 

Di sisi lain telah terpasang lampu sein yang merupakan lampu wajib bagi setiap motor untuk memberi tahu jika kalian akan belok ke kanan atau kekiri dengan desain meruncing juga menghiasi sektor depan motor ini. Lalu pada sektor belakang, juga dihiasi lampu sein behel berbentuk huruf “M” yang tampak elegan dengan bagian belakangnya didesain elegan. Untuk membawa barang yang banyak, kalian bisa menggunakan bagasi Yamaha Mio Z yang luas.

Spesifikasi Mesin Yamaha Mio Z

Tipe Air cooled 4-stroke, SOHC, Single Cylinder
Kapasitas 125 cc
Tenaga Maksimum 7.0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum 9.6 Nm / 5500 rpm
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection (PGM-Fi)
Tipe Starter Electric & kick starter
Tipe Transmsi V-belt automatic
Bore X Stroke 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1

Performa Mesin Yamaha Mio Z

Yamaha mempersenjatai kuda besi yang satu ini dengan mesin yang sama persis dengan Yamaha Mio M3. Sehingga dapur pacunya cenderung sama, meskipun demikian untuk urusan balapan tentunya tergantung pada pengendara itu sendiri, boleh jadi Mio M3 bisa menandingi keganasan mesin dari Yamaha Mio Z ini. 

Untuk mencapai lintasan yang jauh kalian tidak akan dikhawatirkan dengan bahan bakar yang tersedia pada motor ini, in sha Allah irit bahan bakar karena telah dirancang dengan teknologi blue core dengan dipadukan Fuel Injection. Sebuah informasi penting bahwa Kuda Besi yang satu ini mampu menempuh jarak 50 kilometer hanya dengan satu liter bahan bakar. Kemampuan mesin yang irit dan bertenaga menjadi andalan Yamaha Mio Z untuk menandingi motor-motor matic sekelasnya.

Mesin SOHC 125cc akan dijaga performanya dengan sistem pendingin udara (Air Cooled) yang menjamin kestabilan suhu mesin. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 7.0 kW yang diraih pada putaran mesin 8.000 rpm. Adapun untuk torsinya mencapai 9.6 Nm pada putaran 5.500 rpm. Tenaganya nyaris sama dengan Yamaha Mio S, karena keduanya sama-sama dipersenjatai dengan teknologi Blue Core yang membuat mesin beroperasi yang kuat, handal, dan semakin hemat bahan bakar.

Teknologi Blue Core menjadikan kuda besi besutan Yamaha yang satu ini lebih irit 50% dibandingkan dengan mesin karburator Yamaha di era tahun 2008. Agar pengendara tidak khawatir kehabisan bahan bakar secara mendadak, maka Yamaha melengkapi kuda besinya dengan indikator fitur ECO Indicator. Adapun untuk transmisinya dilengkapi V-belt automatic yang menjadikan dapur pacu motor ini semakin responsif. Lalu ada pula kopling berjenis Dry, Centrifugal Automatic dan starter Electric & Kick Starter.

Rangka dan Kaki-Kaki Yamaha Mio Z

Rangka Underbone
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Lengan Ayun dengan Shockbreaker Tunggal
Ukuran Ban Depan 80/80-14 M/C 43P (Belum Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 100/70-14 M/C 51P (Belum Tubeless)
Rem Depan Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem Belakang Tromol

Rangka dan Suspensi Yamaha Mio Z

Seperti yang telah dipaparkan di atas, yang menjadi tolak ukur perbedaan antara Yamaha Mio Z dan Yamaha Mio M3 adalah ukuran ban-nya. Dimana kuda besi yang satu ini mempunyai ukuran ban lebih besar, dengan ban depan berukuran 80/80-14M/C, dan ban belakang 100/70-14M/C. Untuk perbandingan, Yamaha Mio M3 mempunyai ban depan 70/90-14M/C dan ban belakang 80/90-14M/C. 

Dengan ban berukuran lebih besar, pastinya Yamaha Mio Z akan lebih enak saat dikendarai, karena daya cengkramannya lebih kuat dan stabilitas kemudi makin oke ketika kita gunakan di lintasan terjal sekalipun.

Rangka yang dibesutkan pada motor matic ini adalah Underbone dan ditopang oleh suspensi depan Teleskopik, serta suspensi belakang yang menggunakan Unit Swing. Kemudian untuk sistem pengeremannya, Yamaha memberikan fitur rem depan cakram dan rem belakang tromol.

Sama seperti motor matic yang kita biasa kita temui, Yamaha Mio Z juga dilengkapi sistem transmisi V-Belt Automatic yang harus dijaga secara intensif, karena menjadi sektor paling penting dari motor ini. Selain itu, terdapat juga sistem pengapian TCI dan busi bertipe NGK/CR6HSA.

Harga Yamaha Mio Z

Harga Yamaha Mio Z Baru ▪ Rp 15.100.000

Membuka
  • 0
  • Share
  • Laporkan
Arief Yuno
Arief Yuno
Tidak ada Biodata penulis
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
      Tulis Komentar
      Jadilah orang pertama yang berkomentar!
      • Azka
        Ini dia, Genesis Electrified G80, mobil yang resmi ditunjuk sebagai kendaraan di KTT G20 Bali pada tahun 2022. Nantinya mobil listrik tersebut akan menjadi kendaraan bagi setiap kepala negara yang menghadiri kegiatan di tahin 2022 mendatang. Genesis sendiri merupakan brand premium dari Hyundai. Genesis Electrified G80 sendiri merupakan mobil listrik murni yang memiliki tenaga 364 hp. Sekali cas, sedan ini bisa menempuh jarak 427 km dengan bantuan baterai 87.2 kWh. 0-100 km/jam dapat ditempuh dibawah 5 detik.
        • 0
        • 0
        • 1
      • Amanda Rulistiani
        Ini dia mobil hybrid populer di indoneaia 1. Toyota Corolla Cross hybrid 2. Nissan Kick e-Power 3. Toyota C-HR hybrid 4. Toyota Camry hybrid 5. Mitsubishi Outlander PHEV
        • 0
        • 0
        • 0
      • Andri Erdiana M
        Jual BMW 320i thn 95
        • 8
        • 4
        • 48
      Toyota
      Toyota
      Toyota
      Honda
      Honda
      Honda
      Daihatsu
      Daihatsu
      Daihatsu
      Mitsubishi
      Mitsubishi
      Mitsubishi
      Suzuki
      Suzuki
      Suzuki
      Honda
      Honda
      Honda
      Yamaha
      Yamaha
      Yamaha
      Suzuki
      Suzuki
      Suzuki
      Kawasaki
      Kawasaki
      Kawasaki
      Vespa
      Vespa
      Vespa
      HOME