logologo
  • TeksTeks
  • RekomendasiRekomendasi
  • Kendaraan TerkaitKendaraan Terkait
  • KomentarKomentar
  • Hot ThreadsHot Threads
  • Berita TerbaruBerita Terbaru
  • Hot BrandHot Brand

Komparasi Nissan March vs Suzuki Splash, Lebih Menarik dari LCGC

2234
Arief Yuno
15 Feb 2021, 14:35
  • 0
  • Share

nissan march otoloka

Otoloka.id - Serbuan model-model baru di segmen LCGC, Low MPV, dan Low SUV membuat sejumlah city car yang sempat menjadi primadona mundur secara perlahan dan akhirnya lenyap.

Nissan March dan Suzuki Splash adalah contoh city car yang pernah laris dan kemudian harus tersingkir karena tidak lagi mampu merebut perhatian konsumen di Indonesia.Padahal secara kualitas dan performa yang ditawarkan kedua city car ini boleh diadu dengan LCGC terbaru.

Suzuki Splash mengakhiri perjalanannya di bulan Juni 2016. Tercatat hanya terjual 479 unit di tahun terakhirnya. Splash kemudian digantikan Celerio di tahun 2015 dan hanya bertahan dua tahun saja karena sepinya peminat.

suzuki splash otoloka

Sementara Nissan March sampai saat ini belum pernah dinyatakan secara resmi dihentikan peredarannya. Namun faktanya tidak ada lagi Nissan March yang keluar dari jalur perakitannya di Purwakarta sejak tahun 2020.

Overview Nissan March

Nissan March pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2010. City car ini dibangun di fasilitas produksi PT Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat. Mobil berkode K13 ini sebenarnya adalah generasi keempat dari Nissan Micra yang model pertamanya dipasarkan di Jepang tahun 1982.

nissan march depan

Saat pertama kali diluncurkan, March hanya ditawarkan dengan mesin 3 silinder 1,2 liter. Mesin berkode HR12DE ini tenaganya hanya mencapai 75 hp yang diraih pada putaran mesin 6.000 rpm sementara torsi maksimal sebesar 104 Nm diraih di 4.000 rpm.

Keluaran mesin tersebut dianggap cukup untuk sebuah kendaraan kompak yang lebih banyak lalu-lalang di kota. Torsi besar lebih dibutuhkan untuk kendaraan yang lebih banyak “stop and go”.

Sayangnya  tuntutan konsumen di Indonesia berbeda dengan di negeri asalnya. Konsumen menuntut mesin yang lebih bertenaga dan lebih minim getaran.

Performa Nissan March

Untuk menjawab tuntutan itu, PT NMI akhirnya menawarkan varian Nissan March bermesin 4 silinder 1,5 liter. Mesin berkode HR15DE ini serupa dengan yang digunakan Nissan Livina.Tenaga mesinnya mencapai 100 hp di putaran 6.000 rpm dan torsi puncak mencapai 137 Nm.

march grill

Baik varian bermesin 1,2 liter maupun 1,5 liter ditawarkan dengan pilihan transmisi manual percepatan dan transmisi otomatis CVT.

Kesan feminin tidak bisa dihindari dari desain eksteriornya yang terkesan imut dan lucu. Mungkin ini juga yang membuat calon konsumen yang lebih menyukai tampilan agresif mengurungkan niatnya untuk memilih March meskipun banyak keunggulan yang ditawarkan.

Di tahun 2014, March mendapatkan facelift pertama yang terfokus pada tampilan depan dengan gril aksen V seperti mobil-mobil Nissan lainnya serta lampu depan dan bumper baru untuk memberikan kesan lebih gagah.

Interior Nissan March

Kesan imut di interiornya juga mulai sedikit dikikis dengan mengganti kisi-kisi AC yang membulat dengan model kotak serta perubahan desain head unit yang menyatu dengan dashboard.

Penyegaran kedua dilakukan di tahun 2017. Agar terlihat lebih mengikuti tren, lampu kabut diganti dengan lampu DRL dengan bentuk V menyamping dan kombinasi LED pada lampu belakang. Head unitnya diganti dengan monitor layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung screen mirroring dengan ponsel pintar.

interior march

Nissan March memiliki panjang 3.780 mm, lebar 1.666 mm, dan tinggi 1.514 mm. Kabinnya masih cukup lega untuk empat orang penumpang dan bagasinya memiliki kapasitas 251 liter. Penyejuk kabin dengan mode otomatis juga telah menemani March sejak pertama kali muncul.

Posisi duduknya seperti sedan dengan kolong dan atap yang rendah. Sementara setingan suspensinya tergolong empuk dibandingkan dengan city car seukurannya. Suspensi varian 1,5 liter sebetulnya sudah diseting sedikit lebih keras dibandingkan varian 1,2 liter.

Fitur Nissan March

Suspensi yang empuk ini sayangnya juga membuat Nissan March terasa mengayun-ayun saat diajak berlari pada kecepatan tinggi. Ground clearance-nya yang rendah masih belum cukup untuk menjinakkan body rollnya. Jika hal ini dianggap mengganggu, mengganti peredam kejut standar dengan produk after market yang sedikit lebih keras dapat membantu.

fitur march

March patut diacungi jempol untuk fitur keamanannya yang lengkap dan sulit ditemudi di city car sekelasnya. Sepasang kantung udara menjadi fitur standar di seluruh varian. Sementara rem dengan ABS, EBD, BA, dan Vehicle Dynamic Control hanya untuk varian 1,5 liter.

Nissan March Edisi Spesial

Di tahun 2010, NMI pernah meluncurkan edisi terbatas Nissan March Nismo yang dipasarkan sebanyak 200 unit saja. Model ini berbasis Nissan March 1,2 liter M/T yang dimodifikasi dengan sejumlah komponen sport racikan Nismo yang meliputi per, brake pads, knalpot, decal.

march nismo

Selanjutnya muncul Nissan March Autech di tahun 2011 berbasis varian teratas XS AT. Varian ini tampil dengan bumper yang lebih sporty dengan airdam berukuran besar.

Overview Suzuki Splash

Suzuki Splash mulai diperkenalkan di Indonesia pada bulan Maret 2010. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengimpornya langsung dari pabrik Maruti Suzuki di India. SIS memposisikan Splash di bawah Swift dan di atas Karimun Estilo.

suzuki splash otoloka back side

Splash sendiri memulai debutnya secara global pada tahun 2008 sebagai hasil kerjasama antara Suzuki dan Opel. Di Eropa, Splash dipasarkan dengan nama Opel/Vauxhall Agila. Sementara di India dengan nama Maruti Suzuki Ritz dan di China sebagai Changhe Spia.

Mesin Suzuki Splash

Mesin K12M dengan konfigurasi empat silinder berkapasitas 1,2 liter adalah satu-satunya mesin yang ditawarkan untuk Suzuki Splash di Indonesia. Meski kapasitas mesinnya sama dengan Nissan March 1,2 liter, dapur pacu Splash di atas kertas jauh lebih unggul.

interior suzuki splash otoloka

Semburan tenaganya mencapai 84 hp di 6.000 rpm sementara torsinya menyentuh 113 Nm pada 4.500 rpm. Keluaran mesin tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan. Pilihan transmisi otomatis 4 percepatan baru ditawarkan tahun 2013.

Tarikan bawahnya terasa responsif namun untuk kecepatan di putaran atas tentu saja masih kalah dengan March bermesin 1,5 liter.

Eksterior Suzuki Splash

Hanya ada dua tipe Suzuki Splash yang ditawarkan yaitu tipe standar dengan velg 14 inci dan GL dengan velg 15 inci. Seiring dengan berjalannya waktu, Suzuki hanya membedakan dua tipe Splash dari transmisi yang digunakan. Velg 15 inci juga kemudian menjadi velg standar.

suzuki splash otoloka depan

Jika fitur-fiturnya diadu dengan Nissan March, jelas Splash kalah telak. Fitur yang ditawarkan di kabinnya sangat minim seminimalis tampilan interiornya. Tidak ada layar sentuh maupun tombol pengatur audio di setir. Material plastik dashboardnya terkesan murah dengan kerapian pengerjaan di bawah Nissan.

Panel instrumennya didominasi speedometer berukuran besar dengan tachometer dipasang di atas dashboard seperti tachometer after market mobil balap. Mungkin satu-satunya fitur menarik yang tidak dimiliki March adalah pengatur ketinggian sorotan lampu depan dengan lima tingkatan.

Menu utama yang ditawarkan Suzuki Splash adalah kelegaan kabinnya yang sekelas MPV. Splash memiliki panjang 3.775, lebar 1.680 mm, tinggi 1.618 mm. Kabinnya tidak hanya terasa lebih lega untuk penumpang tetapi juga lebih fleksibel untuk mengangkut barang dengan dimensi yang tinggi.

Bagasi di belakang jok baris keduanya memang tidak sebesar March. Suzuki sepertinya lebih memprioritaskan ruang kaki penumpang belakang. Jika memerlukan ruang bagasi lebih besar tinggal lipat jok belakangnya.

Performa Suzuki Splash

Keunggulan Suzuki Splash berikutnya ada pada karakter pengendaraan dan pengendaliannya yang lebih menyenangkan dari March. Performa mesin dan transmisi, karakter setir, dan setingan suspensinya menghasilkan racikan yang pas walaupun bukan yang terbaik.

suzuki splash otoloka belakang

Dengan bodi dan ground clearance yang tinggi, suspensinya diseting lebih keras untuk menjaga kestabilannya pada kecepatan tinggi.  Bodi roll-nya juga lebih minim dibandingkan March. Manuvernya cukup lincah. Setirnya cukup tanggap dengan input yang diberikan pengemudi dan tidak terasa kosong pada kecepatan tinggi.

Fitur keselamatannya sedikit di bawah Nissan March. Suzuki Splash telah dilengkapi dengan rem ABS + EBD namun belum dilengkapi dengan kantung udara.

Suzuki Splash hanya sekali mendapatkan penyegaran di tahun 2014 yang sekaligus menjadi tahun terakhirnya. Penyegaran hanya pada grille baru yang lebih besar dengan bentuk trapesium, lampu depan lebih meruncing ke bawah, dan cover lampu kabut berwarna hitam.

Kesimpulan

Nissan March dengan fitur yang lebih menarik dan suspensi lebih empuk lebih pas sebagai kendaraan keluarga muda yang lebih mengutamakan kenyamanan. Sayangnya populasi varian 1,5 liter tidak sebanyak varian 1,2 liter.

Suzuki Splash lebih sesuai bagi Anda yang lebih mengutamakan fungsi dan kepraktisan. Stabilitas dan karakternya yang menyenangkan untuk dikendarai menjadi bonus.

Harga Suzuki Splash AT keluaran 2014 di pasar mobil bekas Jakarta kini berada di kisaran Rp85 juta – Rp90 juta. Sementara Nissan March 1,2 liter AT tahun yang sama juga berada di kisaran harga yang tidak beda jauh. Nissan March 1,2 liter keluarah 2017 ke atas masih di kisaran Rp130 jutaan.

Membuka
  • 0
  • Share
  • Laporkan
Arief Yuno
Arief Yuno
Tidak ada Biodata penulis
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
    Tulis Komentar
    Jadilah orang pertama yang berkomentar!
    • Amanda Rulistiani
      Modifikasi full sound system 🔊🎛 Wah kalah nih bass angkot, kalau ada orang di dalemnya pasti gendang telinganya pecah nih
      • 0
      • 0
      • 0
    • Rizky m
      Mulai masuk musim hujan nih! Buat para pengebdara motor harus berhati-hati ya jagan sampai kaya gini👇 Memang berkendara saat banjir sangatlah beresiko. Kalian harus benar-benar mengetahui kondisi medan jalan yang dilewati. Kalau bisa cari alternatif jalan lain. Namun jika harus melawati jalan banjir, kalian bisa berkendara di bagian tengah jalan atau sisi kanan jalan. Sebab bagian kiri bisanya ada selokan dan srring banyak lubang. Selain itu biasnaya bagian tengah jalan memiliki permukaan yang lebih tinggih.
      • 0
      • 0
      • 0
    • fiqi _squid
      *Pricelist Cover Plastic Mobil. Bahan LDPE 60 micron* anti debu, anti hujan *Pricelist Cover Plastic Motor*, *Pre Order*. - Ukuran L (beat, mio, vespa, nmax, dll) : 90rb _jika ditemukan robek/bolong saat membuka pertama kali, bisa diganti dengan yg baru_
      • 8
      • 2
      • 27
    Toyota
    Toyota
    Toyota
    Honda
    Honda
    Honda
    Daihatsu
    Daihatsu
    Daihatsu
    Mitsubishi
    Mitsubishi
    Mitsubishi
    Suzuki
    Suzuki
    Suzuki
    Honda
    Honda
    Honda
    Yamaha
    Yamaha
    Yamaha
    Suzuki
    Suzuki
    Suzuki
    Kawasaki
    Kawasaki
    Kawasaki
    Vespa
    Vespa
    Vespa
    HOME